English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 13 Oktober 2013

Sejarah Software

Ohayou, Konichiwa, Konbanwa, artinya selamat pagi, selamat siang, selamat malam :D. Oke, pada postingan saya kali ini akan menjelaskan tentang Sejarah Software, apa itu software ? dan bagaimana sejarahnya ? mari kita mulai.

Seperti yang kita ketahui, adanya sebuah hardware tak akan ada gunanya, bahkan munkin hanya terbuang dan tak terpakai bila tidak adanya software. Oleh karena itu software ibarat otak atau pusat dari semua hardware atau perangkat keras. Pertama apa itu software komputer ? Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya.

Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputermerupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuahkomputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Sejarah Software komputer yang paling sering ditelusuri kembali ke bug Software komputer pertama pada tahun 1946. Sebagai program semakin banyak memasuki bidang firmware, dan perangkat keras itu sendiri menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih cepat seperti yang diperkirakan oleh hukum Moore, elemen komputasi pertama dianggap Software, bergabung dengan barisan hardware. Sebagian besar perangkat keras perusahaan ini memiliki programer Software lebih lanjut tentang gaji dari desainer hardware , karena Software memiliki banyak tugas otomatis insinyur papan sirkuit tercetak. Sama seperti industri Otomatis, industri Software telah berkembang dari beberapa visioner beroperasi dari garasi mereka dengan prototipe. Steve Jobs dan Bill Gates adalah Henry Ford dan Louis Chevrolet kali mereka , Yang memanfaatkan ide-ide sudah biasa dikenal sebelum mereka mulai dalam bisnis. Dalam hal pengembangan Software, saat ini umumnya setuju untuk publikasi pada tahun 1980 dari spesifikasi untuk IBM Personal Computer diterbitkan oleh karyawan IBM Philip Don Estridge. Hari ini pindah akan dianggap sebagai jenis orang-sourcing.

Dengan spesifikasi Software yang terbuka dan kemungkinan lisensi Software komputer, peluang baru muncul untuk Software komputer yang kemudian menjadi standar de facto, seperti DOS untuk sistem operasi, tetapi juga berbagai program pengolah kata dan spreadsheet proprietary. Dalam pola pertumbuhan yang sama, metode pengembangan kepemilikan menjadi standar metodologi pengembangan Software.



Sumber :

By Roy Yoga Pranata ( 13.5.00151 )

1 tanggapan:

bisa lebih dtail tentang era-era diatas ga gan, beri contoh mungkin, agar lebih bermanfaat bagi pembaca, dan tidak terdegar ambigu

Posting Komentar

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Yoga Thenightmarerz

Buat Lencana Anda